--> Skip to main content

Mengintip Keindahan Tirta Empul Bali



Membahas tentang objek wisata di Bali tidak akan pernah selesai. Selain wisata alam seperti pantai, danau, dan air terjun, Pulau Dewata Bali juga memiliki banyak situs budaya yang tidak kalah menyenangkan untuk dikunjungi. Dan biasanya situs budaya ini semuanya masih aktif. Berbeda dengan situs sejarah budaya di Jawa, banyak yang tidak lagi aktif.

Salah satunya adalah Pura Tirta Empul yang ada di kawasan Manukaya, Tampaksiring.

Pura Tirta Empul tampaksiring adalah pura kuno yang hingga kini masih berdiri kokoh di Bali. Pura tirta didirikan pada 926 M, candi Hindu diklaim sebagai salah satu yang terbesar dan tersibuk di Indonesia.

Jika dilihat dari arsitektur dan relief di dalamnya, Tirta Empul dibangun khusus sebagai bentuk pengabdian kepada Dewa Air Wisnu. Kuil ini di sebelah istana presiden terlihat melelahkan.

Cara Menuju ke Pura Tirta Empul

Dari Kota Denpasar tempat ini berjarak 55 km, dapat ditempuh sekitar 1,5 jam perjalanan dengan rute Denpasar - Ubud - Kintamani. Jalannya bagus dan lebar sehingga jarang ada kemacetan.

Karena kurangnya fasilitas transportasi umum yang bisa dilakukan di Bali. Maka satu-satunya cara terbaik dalam hal transportasi menggunakan kendaraan pribadi. Kendaraan pribadi seperti:

Sewa sepeda motor.
Menggunakan layanan sewa mobil murah di Bali dengan driver dan panduan bersamaan.
Dan mencari penyedia layanan paket wisata Bali.

Tiket Masuk Pura Tirta Empul

Untuk dapat memindahkan area wisata candi Tirta Empul, setiap pengunjung akan dikenakan biaya tiket masuk. Harga tiket masuk untuk candi Tirta Empul adalah 30 ribu. Ini adalah harga baru yang mulai berlaku sejak Januari 2019. Tiket masuknya hanya 15 ribu.

Fasilitas di Pure Tirta Empul

Bagi wisatawan, fasilitas yang tersedia di sini adalah toilet, warung makan, dan toko suvenir.

Bagi pengunjung yang ingin menikmati liburan basah dengan mengikuti kegiatan penduduk setempat, mencuci dana di dalam, menyediakan loker penyimpanan yang disediakan untuk orang-orang yang terkulai.

Barang akan aman, karena kunci loker yang kami bawa.
Newest Post
Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar
Tutup Komentar
==[ Klik disini 2X ] [ Close ]==